ABSTRAK
Lina Marlina. “Penggunaan Media Pembelajaran Video untuk Meningkatkan Penguasaan
Konsep Siswa Pada Materi Kalor” (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas X MAN Surade)
Penelitian ini bertolak dari observasi dan wawancara dengan guru fisika MAN Surade, diperoleh temuan masih jarangnya penggunaan media pembelajaran yang menyebabkan siswa
jenuh dan kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran, sehingga berpengaruh
terhadap penguasaan konsep siswa terhadap materi yang diajarkan masih tergolong
rendah. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat membuat siswa dapat
mengikuti pembelajaran dengan menyenangkan, nyaman, fokus, konsentrasi, dan
aktif pada materi yang sedang dipelajarinya, sehingga siswa dapat memiliki penguasaan
konsep yang baik adalah
dengan menggunakan media pembelajaran video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan media pembelajaran video dan peningkatan penguasaan konsep siswa dengan penggunaan media pembelajaran video. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode quasi eksperimen dengan desain one group pretes
postes. Penelitian ini dilakukan di kelas X MAN Surade. Teknik
penarikan sampelnya menggunakan simple random sampling dengan cara
undian dan terpilih sebagai sampel adalah kelas X-4. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi
keterlaksanaan media video dan
tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa
keterlaksanaan media video setiap pertemuan meningkat dengan rata-rata
keterlaksanaan 97,21% untuk
aktivitas guru dan 95,00% untuk aktivitas siswa. Nilai
rata-rata pretes
siswa sebesar 39,84
meningkat pada saat postes
menjadi 73,06. Hasil perhitungan dengan uji wilcoxon macth pair test menunjukan bahwa penguasaan konsep siswa
mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkannya media
pembelajaran video dengan zhitung (4,86) > ztabel (1,96). Besarnya peningkatan penguasaan konsep rata-rata yang ditunjukkan oleh indeks normal
gain adalah sebesar 0,56 dengan ketegori sedang. Dengan
demikian media pembelajaran video dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan
penguasaan konsep siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar